WASPADA PENIPUAN MENGATASNAMAKAN TELEGRAM

Harap Hati hati dan Waspada Terhadap Penipuan Mengatasnamakan Telegram

Akhir akhir ini banyak penipuan atau Modus Verifikasi Telegram Melalui Telpon atau SMS untuk membobol akun telegram.

Bagaimana Modus Penipuan Telegram Ini Beraksi?

Hacker atau penipu telegram ini biasanya melancarkan aksinya dengan cara menelpon/sms nomor telegram korban dengan mengaku-ngaku dari tim support telegram dan meminta kode OTP atau kode login telegram yang muncul dari SMS / notifikasi verifikasi login di akun telegram korban dengan alasan keamanan. Setelah korban memberikan kode OTP atau kode login telegramnya, dalam sekejap di hacker tersebut akan mengambil alih akun telegram korban.

Telegram saat ini belum memiliki kantor di Indonesia, dan mereka tidak pernah melakukan telpon maupun sms meminta kode OTP aku telegram pelanggan. Jika ada yang menelpon seperti itu, sudah dipastikan itu adalah PENIPU!

Cara terhindar dari hacker telegram :

Informasi ini wajib diketahui oleh para pengelola server pulsa ataupun para penjual pulsa/counter pulsa yang transaksi menggunakan telegram.

  1. Jangan pernah memberikan kode login telegram kepada siapapun.
  2. Jangan pernah memberikan kode OTP / kode verifikasi kepada siapapun.
  3. Abaikan jika ada telpon yang mengatasnamakan telegram dan RantuCell dengan meminta kode otp, sudah dipastikan itu adalah penipu!
Ingat, Jika anda lengah dan memberikan kode login / OTP kepada hacker/penipu maka si hacker akan mengambil alih akun telegram Anda. Terlebih lagi jika akun telegram anda terhubung dengan server pulsa, mereka bisa dalam sekejap menghabiskan saldo pulsa Anda. Waspadalah!


Untuk keamanan Akun Telegram anda, berikut kami berikan beberapa tips..

Gunakan verifikasi 2 langkah

Verifikasi 2 langkah akan memberikan rintangan tambahan untuk bisa masuk ke akun Telegram. Jika pada proses normal kita hanya perlu memasukkan nomor telepon dan kode otentikasi dari telegram, dengan verifikasi 2 langkah kita masih diharuskan untuk memasukkan kata kunci tambahan. Jadi walau seseorang memiliki nomor telepon kita, dan berhasil mengetahui kode otentikasi yang kita dapat dari Telegram, dia tetap tidak akan bisa masuk karena tidak mengetahui password tambahannya.

Cara Menggunakan verifikasi 2 langkah di Telegram Android

  1. Buka menu dan ketuk Settings
  2. Klik Privacy and Security
  3. Klik Two-Step Verification
  4. Klik Set Additional Password

Cara Menggunakan verifikasi 2 langkah di Telegram Desktop

  1. Buka menu dan klik Settings
  2. Pilih Enable two-step verification

pengamanan telegram

Cara Menggunakan verifikasi 2 langkah di Telegram Web

  1. Buka menu dan klik Settings
  2. Pilih Set additional password

Selanjutnya, tinggal masukkan kata kunci dan alamat email yang bisa digunakan sekiranya kita lupa kata kunci. Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk pada email untuk membuka surat dari Telegram dan melakukan konfirmasi

Cara Mematikan sesi lain dari Telegram Android

  1. Buka menu dan ketuk Settings
  2. Klik Privacy and Security
  3. Pilih Active Sessions
  4. Ketuk pada sesi yang hendak dimatikan, kemudian klik OK pada jendela konfirmasi.
    Atau jika hendak mematikan semua sesi selain yang sedang dipakai, klik Terminate All Other Sessions kemudian klik OK pada jendela konfirmasi.

Cara Mematikan sesi lain dari Telegram Desktop

  1. Buka menu dan klik Settings
  2. Pilih Show all sessions
  3. Klik tanda silang di samping kanan sesi yang hendak dimatikan, kemudian klik TERMINATE pada jendela konfirmasi.

Atau jika hendak mematikan semua sesi selain yang sedang dipakai, klik Terminate all other sessions kemudian klik TERMINATE pada jendela konfirmasi.

Cara Mematikan sesi lain dari Telegram Web

  1. Buka menu dan klik Settings
  2. Pilih Active sessions
  3. Layangkan penunjuk tetikus di atas sesi yang hendak dimatikan, dan klik tautan Terminate yang muncul di samping kanan kemudian klik OK pada jendela konfirmasi.

Atau jika hendak mematikan semua sesi selain yang sedang dipakai, klik Terminate all other sessions kemudian klik OK pada jendela konfirmasi.

Demikian langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk mengamankan akun telegram kita. Selain itu, usahakan untuk selalu menggunakan aplikasi Telegram yang resmi. Atau jika memang terpaksa, gunakan aplikasi dari pihak ketiga yang bisa dipercaya. Jika Anda gemar mencoba-coba dari sekian banyak aplikasi Telegram dari pihak ke tiga, gunakan akun khusus untuk mencoba-coba.

Silahkan sebarkan info ini ke teman-teman lainnya, agar tidak ada korban lagi yang berjatuhan!

 

One thought on “WASPADA PENIPUAN MENGATASNAMAKAN TELEGRAM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *